Grand Syekh Al-Azhar, Prof. Dr. Ahmad At-Thayyib menyatakan bahwa syi’ah tidak dapat disebut kafir, kecuali yang mengingkari hal-hal pokok dalam agama Islam, seperti sekelompok syi’ah yang menganggap risalah kenabian Nabi Muhammad Saw seharusnya jatuh kepada orang lain. Hal tersebut disampaikan oleh At-Thayyib dalam pertemuan bersama pimpinan dan anggota Majelis Ulama Indonesia di Jakarta.

 

Keterangan At-Thayyib tentang Syi’ah seperti bola panas yang dimuat oleh media-media Indonesia dan Mesir sesuai dengan kepentingan dan ideologi masing-masing. Wakil Grand Syekh Al-Azhar, Prof. Dr. Abbas Shouman dalam laman Facebook-nya menyatakan bahwa pernyataan At-Thayyib sudah dangat jelas dan tidak kontradiktif. Menurut Shouman, pendirian At-Thayyib sama dengan pendirian lembaga Al-Azhar, yakni menghormati Syi’ah sebagai mazhab atau salah satu aliran, tetapi menolak dengan keras eksploitasi isu Syi’ah yang sarat nilai politis.

Laman resmi Al-Azhar Asy-Syarif di Facebook juga mengeluarkan berita acara serupa, berisi tentang seruan Grand Syekh Al-Azhar dari Indonesia agar umat Islam mewaspadai bahaya gerakan Syi’ahisasi di Indonesia. Laman Resmi Al-Azhar ini intens memberitakan kegiatan-kegiatan kunjungan Grand Syekh Al-Azhar di Indonesia dalam berbagai bahasa, di antaranya Arab, Inggris, Prancis, Indonesia, Swahili dan Urdu. (Sumber: Harian Al-Masry Al-Youm, 23/2/2016; Harian Al-Ahram, 20&24/2/2016; Laman resmi Al-Azhar Asy-Syarif, Laman resmi Facebook Prof. Dr. Abbas Shouman)

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.