Atdikcairo.org - Rektor Universitas Al-Azhar, Prof. Dr. Ibrahim Al-Hud Hud menyatakan bahwa Universitas Al-Azhar adalah universitas terbesar di dunia. Hal tersebut berdasarkan bukti bahwa Al-Azhar memiliki 73 Fakultas di 20 cabang yang tersebar di 20 provinsi Mesir. Selain itu, Al-Azhar juga memiliki 6 rumah sakit milik universitas, 43 pusat riset berbagai disiplin ilmu, dan 39.000 mahasiswa asing yang berasal dari 117 negara.

 

Pernyataan tersebut disampaikan Al-Hud Hud dalam sambutannya saat menghadiri Pekan Kebudayaan yang digelar oleh Fakultas Studi Islam dan Bahasa Arab Universitas Al-Azhar Putri di Mansoura.

Al-Hud Hud melanjutkan bahwa Al-Azhar dan alumninya berhasil mendirikan 16 cabang Ikatan Alumni Al-Azhar Internasional di 16 negara sebagai wadah silaturahmi alumni. Dalam bidang pengabdian masyarakat, Al-Azhar berhasil mendirikan Rumah Zakat yang berperan penting membantu masyarakat miskin, Pusat Dialog Antar Agama Dunia, Marshad Al-Azhar yang bertugas menjawab tuduhan-tuduhan terhadap Islam dalam delapan bahasa, Majlis Hukama Muslimin (Muslim Council of Elders) yang dipimpin oleh Grand Syekh Al-Azhar. Lembaga lain yang didirikan Al-Azhar dan berperan penting dalam penanganan konflik internal masyarakat Mesir adalah Majelis Tinggi Rekonsiliasi. Majelis ini sudah membuktikan efektivitasnya dengan keberhasilannya memediasi dan mendamaikan konflik antar suku di Mesir pasca revolusi 2011.

Prestasi tersebut ditambah lagi dengan sumbangsih Al-Azhar yang telah sukses mengirimkan 3000 tim medis dan pendakwah ke seluruh penjuru Mesir, terutapa daerah-daerah yang membutuhkan, untuk memberikan pengobatan gratis serta mensosialisasikan pemahaman yang benar tentang Islam.  (Sumber: Harial Al-Ahram, 16/3/2016)

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.