Atdikcairo.org - Delegasi MAAI (al-Majlis al-Alami lil-Alimat al-Islami) atau Majelis Ilmuwan Muslimah Internasional – Indonesia dipimpin oleh Prof. Dr. Amany Lubis,Guru Besar UIN Jakarta (16/2) diterima oleh Grand Mufti Mesir, Prof. Dr. Shauqi 'Allam, di kantornya di Cairo.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Atase Pendididikan dan Kebudayaan KBRI Cairo, Dr. Usman Syihab tersebut, Grand Mufti menyampaikan apresiasi kepada masyarakat muslim Indonesia, yang memberikan kesempatan yang luas bagi kaum perempuan untuk berperan aktif di lembaga-lebaga keagamaan yang sangat penting dan strategis di Indonesia, seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sama halnya dengan Indonesia, di Mesir wanita juga diberikan kesempatan yang sama untuk aktif di ranah publik, seperti Divisi Fatwa di Darul Iftaa. Grand Mufti mengutip perkataan Nabi Muhammad SAW: "ambillah setegah ilmu agama ini dari Aisyah" seorang wanita yang merupakan istri Rasulullah SAW.

Ditambahkan bahwa setiap harinya Darul Iftaa menerima k.l. 2.000 permintaan fatwa dari seluruh dunia yang ditangani oleh 50 orang mufti yang secara khusus ditugaskan memberikan fatwa hukum. Selain itu, Darul Iftaa juga mengadakan pelatihan fatwa secara berkala untuk kaderisasi calon mufti dari seluruh dunia, yang sebagian besarnya berasal dari Indonesia

Sementara itu, Prof. Amani Lubis menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan Grand Mufti dan sekaligus menyampaikan terima kasih atas peran Darul Iftaa dalam membina mahasiswa Indonesia melalui pelatihan fatwa yang diadakan. Dijelaskan bahwa MAAI merupakan wadah ilmuwan muslimah yang mengkaji masalah-masalah keagamaan, pendidikan, sosial-budaya, komunikasi, ekonomi dan iptek di Indonesia. Amani Lubis juga menyampaikan keinginan MAAI untuk dapat bekerjasama dengan Darul Iftaa.

(Sumber: kemlu.go.id, 17/02/2017)

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.