Atdikcairo.org - Menteri Negara Bidang Imigrasi dan Warga Mesir di Luar Negeri, Nabila Makram menyatakan bahwa 26 pelajar Mesir yang ditahan pihak keamanan Sudan akan dibebaskan pada Rabu (6/12). Mereka ditahan untuk dimintai keterangannya akibat terlibat dalam aksi pembocoran soal ujian SMA Sudan. Aksi pembocoran soal tersebut dipelopori oleh sejumlah pelajar asal Yordania.

 

Nabila menjelaskan bahwa pemerintah Sudan tidak memberikan sanksi hukum kepada para pelajar tersebut. Mereka hanya diberi sanksi akademis, yakni tidak diperkenankan untuk mengikuti ujian pada tahun ajaran ini.

Juru Bicara Resmi Kemenlu Mesir, Ahmad Abu Zaid menyatakan bahwa para pelajar tersebut sudah dibebaskan sesuai dengan pernyataan Nabila. Mereka disambut langsung oleh konsul Kedubes Mesir di Sudan untuk dipertemukan dengan keluarga mereka yang sudah menunggu di Kedubes Mesir.

Sebelumnya Nabila dikabarkan bertolak ke Sudan untuk bertemu langsung dengan otoritas Sudan guna menindaklanjuti kasus pembocoran soal tersebut. Ia juga berdialog langsung dengan para pelajar dan keluarga mereka. Nabila menyatakan bahwa para pelajar tersebut tidak ditahan di dalam sel, hanya ditahan di dalam ruangan. (Sumber: Harian Al-Ahram, 6-7/4/2016)

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.