Atdikcairo.org - Rahima Sikumbang Sarmadi, mahasiswi asal Sumatera Barat, berhasil mengharumkan nama Indonesia di Universitas Al-Azhar Mesir. Tidak banyak mahasiswi asal Indonesia yang berhasil menyelesaikan S2 di salah satu kampus tertua di dunia ini, apalagi sampai menyelesaikan program doktor.

Jerih payah Rahima terbayar lunas ketika dewan penguji menyatakan ia lulus sidang disertasi dengan predikat Martabat Asy-Syaraf Al-Ula (Summa Cum Laude). Yang menambah kebanggaan serta kebahagiaan Rahima adalah kehadiran tokoh-tokoh penting yang turut menyaksikan sidang disertasinya yang berlangsung di aula Dr. Afaf An-Naggar, Rabu (20/4). Dekan Fakultas Studi Islam dan Bahasa Arab (FSIBA) Al-Azhar Putri "turun gunung" demi menghadiri sidang tersebut, hal yang sangat jarang terjadi. Tak kalah penting, Duta Besar RI untuk Mesir, Helmi Fauzi beserta istri dan sejumlah staf KBRI turut hadir. Sidang disertasi Rahima menjadi sidang pascasarjana pertama yang dihadiri oleh Dubes Helmi yang baru saja tiba di Mesir untuk memulai masa tugasnya.

Tampaknya Rahima sangat baik dalam menjalin hubungan dengan para dosen di kampus. Menurutnya, banyak sekali dosen yang hadir di sidangnya, meski bukan dari jurusan yang sama. Beberapa dosen yang ia kenal baik tetapi tidak dapat hadir bahkan menelepon menyampaikan dukungan dan doa, serta permintaan maaf karena tidak dapat hadir.

Disertasi yang mengantarkan Rahima meraih Summa Cum Laude  tersebut berjudul "Bid'ah dari Tinjauan Sunnah Nabawiyyah: Studi Objektif terhadap Muslim Indonesia. Karya kebanggaan ini ia selesaikan di bawah bimbingan Prof. Dr. Astita Abd Al-Hamid dan Prof. Dr. Ratibah Ibrahim Thahun, keduanya adalah Guru Besar di FSIBA Al-Azhar Putri. Pakar yang bertindak sebagai penguji adalah Prof. Dr. Ragaa Thaha Muhammad, Guru Besar Hadis FSIBA Al-Azhar Putri dan Prof. Dr. Muhammad Nasr As-Sanusy, Guru Besar Hadis Fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar Cairo.

Saat S2, Rahima meneliti 400 hadis dari manuskrip Al-Jami' As-Shahih karya As-Suyuthi. Selain melakukan studi filologis, penelitian tersebut juga mencakup studi takhrij hadis dan penjelasan terhadap gharib al-hadis.

Dr. Rahima menyelesaikan disertasinya sembari menemani sang suami, Abdurrahim Sumin, yang sedang menjalankan tugas sebagai staf KBRI Cairo. (Foto: KBRI Cairo)

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.