Kairo, Atdikcairo.org - Para orangtua muda di Kairo, Mesir, yang sebagian besar merupakan mahasiswa Indonesia, dinilai perlu banyak belajar tentang mengasuh anak usia dini.

Dalam interaksi saya dengan orangtua mereka dan anak-anak mereka, didapati bahwa orangtua–yang mayoritas sebagai mahasiswa/ mahasiswi perlu banyak belajar tentang bagaimana seharusnya mengasuh anak-anak mereka yang masih usia dini," kata ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Kairo, Dwi Ria Latifa, ketika menghadiri seminar sehari tentang Parenting dan PAUD dengan tema “Parenting dan PAUD Hari Ini untuk Melahirkan Generasi Emas Indonesia Esok”, Sabtu (2/12/2017), di Kairo, Mesir yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan KBRI Cairo, Sekolah Indonesia Cairo (SIC), dan WIHDAH (organisasi otonom PPMI/ Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Cairo).

Pada kesempatan itu Dwi Ria Latifa, juga menyampaikan, kegalauannya tentang kondisi anak-anak usia dini asal asal Indonesia di Mesir, terutama di Cairo.

Untuk itu, DWP KBRI Cairo akan berusha membantu terus dalam memberikan penerangan tentang pengasuhan dan penyuluhan kesehatan, seperti program POSYANDU yang telah dilakukan setiap bulan,” tambahnya.

Dalam seminar ini dihadirkan narasumber ahli, praktisi sekaligus pembuat kebijakan tentang pendidikan PAUD dan Parenting yaitu Ella Yulaelawati PhD, direktur Pembinaan PAUD, kemdikbud, Nursyahbani, ahli dan penganjur keadilan dan demokrasi untuk perempuan, Maman Suherman, presenter, penulis, konsultan media dan NO Tulen ILK, dan Dr. Sukiman, Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga Kemdikbud.

Ella Yulaelawati menjelaskan, perkembangan teori-teori tentang pendidikan anak usia dini, juga tentang kebijakan pemerintah tentang PAUD.

Dalam paparanya, Ella menyatakan bahawa anak usia 0-6 tahun adalah “pembelajar yang tangguh”, untuk itu orangtua harus dapat mendampingi tumbuh-kembang anak secara benar, maksimal dan baik.

Nursyahbani, menjelaskan tentang isu pengarusutamaan gender dan peran perempuan dalam pembangunan, kematangan dalam berkeluarga, serta cara harmonisasi antara karir dan tugas perempuan sebagai orang tua.

Maman Suherman, membahas isu yang sangat terkait dengan anak dan orangtua “zaman now”, dengan menjelaskan cara-cara meningkatkan kecerdasan orangtua dan anak dalam menggunakan teknologi informasi dan media sosial.

Sementara Sukiman, mendiskusikan tentang pengasuhan positif, komunikasi positif orang tua dan anak, dan tentang peranan orangtua dalam meningkatkan kerjasama Sekolah dan Rumah dan mengembangkan karakter dan budaya prestasi anak.

Dalam sambutan pembukaan acara tersebut, Duta Besar RI Cairo (Bapak Helmy Fauzy) menegaskan, pentingnya pendidikan keluarga dan PAUD sebagai dasar pendidikan karakter kader bangsa yang siap bersaing, terutama dalam rangka mempersiapkan bonus demografi sekaligus mempsiapkan generasi emas bangsa.

Para orangtua bertanggung jawab atas masa depan anak-anak yang akan menjadi bagian dari generasi emasUntuk itu, kita sangat perlu menyiapkan pendidikan anak-anak kita sejak dini, dimulai dari keluarga kita masing-masing. Pendidikan dalam keluarga tidak akan pernah berhasil jika para orangtua tidak memiliki ilmu dan referensi dalam melakukan proses pendidikan tersebut,” kata Dubes dalam sambutannya.

Sementara, seminar ini bertujuan, antara lain untuk; memberikan pencerahan kepada masyarakat Indonesia khususnya mahasiswa Indonesia di Mesir tentang kematangan persiapan pernikahan dan membangun keluarga; memberikan pencerahan dan pendidikan kepada orangtua dan wali murid, tentang pengasuhan positif yang meliputi kesehatan gizi, kesehatan fisik dan mental anak,  kesehatan lingkungan keluarga untuk anak, serta tentang komunikasi positif antara orangtua dan anak; dan tentang peranan perempuan dalam pembangunan, tentang cara cerdas penggunaan teknologi informasi dan sosial media oleh orangtua dan anak, serta tentang peranan orangtua dalam membangun karakter dan meningkatkan prestasi anak.

(Sumber: http://www.rri.co.id)

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.