Atdikcairo.org - Ikatan Keluarga Pondok Modern Cabang Cairo menggelar seminar Pengenalan Manhaj Fikih Al-Azhar pada Jumat (19/2). Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan lebih dalam tradisi fikih di lingkungan Al-Azhar yang terbuka dan menghargai perbedaan pendapat.

 

Seminar tersebut diisi oleh Sayyid Zuhdi, Lc., anggota IKPM Cabang Cairo yang kini menempuh pendidikan di Lembaga Fatwa Mesir, Dar Al-Ifta Al-Mishriyyah. Dalam pemaparannya, Sayyid menyatakan bahwa prinsip Al-Azhar dalam fikih adalah fikih bermazhab empat, akidah Asy’ari dan Maturidi, serta berakhlak sufi.

Lebih lanjut, Sayyid menambahkan bahwa bagi pelajar ilmu syariat terutama fikih, jalan paling ideal untuk mendalami fikih adalah melalui pintu mazhab, karena semua sistem dan tingkatan pembelajaran sudah diatur rapi. Ia menyatakan bahwa muslim yang awam tidak memiliki mazhab, karena mazhabnya mengikut mufti atau panutan yang ia percaya.

Acara tersebut diikuti oleh lebih dari 25 orang yang terdiri dari mahasiswa baru dan pengurus IKPM Cabang Cairo. Seminar tersebut merupakan rangkaian seminar yang dicanangkan pengurus IKPM Cairo untuk mengenalkan dan mendekatkan para anggotanya kepada Al-Azhar serta tradisi keilmuannya.

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.