Atdikcairo.org - Dr. KH. Yunus Masrukhin, MA menyatakan bahwa teologi kaum  Asya'irah (Asy'arian) tidak bersifat rigid, tetapi tanggap  dan responsif terhadap polemik diskursif sesuai dengan  kondisi zaman. Menurutnya, salah satu bukti yang tak  terbantahkan atas hal tersebut adalah keberadaan teologi  Asy'arian yang masih diterima secara luas oleh kaum  muslimin.

Hal tersebut disampaikan KH. Yunus dalam acara bedah  disertasinya yang berjudul "Aspek Humanis dalam Diskursus  Ilmu Kalam Perspektif Kaum Asya'riyyah: Pembacaan  Kontemporer atas Urgensitas Akidah Ahlussunnah Wa Al- Jama'ah". Acara tersebut berlangsung di aula Griya Jawa  Tengah, Sabtu (5/3).

Lebih lanjut, KH. Yunus mengatakan bahwa disertasinya yang  disidangkan pada 29 Desember 2015 itu lebih bersifat  pribadi. Dengan menyusun disertasi tersebut, KH. Yunus  ingin mempelajari ulang pelajaran akidah yang dianutnya  sesuai dengan mazhab Asy'ari. Selain itu, ia juga ingin  membuktikan responsifitas dan ketidakrigidan teologi  Asy'ari terhadap diskursus ilmu modern. Ia pun mengangkat  tema humanisme sebagai jawaban untuk para modernis yang  menganggap teologi Asy'arian adalah teologi yang ahumanis.

Tgk. H. Amri Fatmi, MA, kandidat Doktor Akidah-Filsafat  Universitas Al-Azhar, bertindak sebagai pembedah disertasi  tersebut.

Lauti Nia Astri Sutedja, Act. Atase Pendidikan dan  Kebudayaan KBRI Cairo, dalam sambutannya menyampaikan  bahwa KBRI mendukung penuh kegiatan kemahasiswaan yang  bermanfaat, baik itu yang berbentuk keilmuan, maupun yang  bersifat fisik seperti kegiatan olah raga dan kesenian.

Act. Atdikbud mengapresiasi pengadaan acara bedah  disertasi tersebut dan menyatakan bahwa acara tersebut  adalah bukti bahwa mahasiswa Indonesia di Mesir secara  kontinu mampu mengadakan kegiatan ilmiah yang mendukung  kemampuan akademis mahasiswa.

Presiden PPMI Mesir, Abdul Ghofur Mahmudin, dalam  sambutannya antara lain menyampaikan apresiasinya terhadap  KBRI Cairo atas dukungan penuh yang diberikan dalam  kegiatan-kegiatan mahasiswa Indonesia di Mesir.(SZ)

Dr. KH. Mohammad Yunus Masrukhin, MA menyelesaikan pendidikan S1, S2 dan S3 di Fakultas Dirasat Islamiyyah Universitas Al-Azhar.

Abstraksi Disertasi

Baca juga: Profil Dr. KH. Mohammad Yunus Masrukhin, MA

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.