Atdikcairo.org - Prestasi mahasiswa asal Sulawesi ini sangat membanggakan. Dalam waktu kurang dari tiga tahun, ia mampu menyelesaikan disertasinya dengan cukup memuaskan sehingga disanjung-sanjung oleh dewan penguji sidang disertasinya.

 

Dr. Muhammad Zakir Husain, MA., berhasil mempertahankan disertasinya di depan dewan penguji dalam sidang promosi doktoral yang berlangsung di Auditorium Syekh Abdul Halim Mahmud, Universitas Al-Azhar, Cairo pada Rabu (9/3). Penelitiannya yang berjudul "Pengaruh Sistematika al-Qur'an Menurut al-Qhadi Ibn 'Athiyyah dalam Kitab Tafsir al-Muharrir al-Wajiz, dari Awal Surah al-Maidah Sampai Akhir Surah al-Kahfi: Studi Kritik Tafsir" oleh dewan penguji diberi predikat Summa Cum Laude.

Prof. Dr. Sa'id Athiyya, Guru Besar Tafsir Universitas Al-Azhar yang merupakan anggota tim penguji, menyanjung hasil kerja keras Dr. Zakir. Menurutnya, penyajian disertasi Zakir sangat baik, dengan bahasa Arab yang sangat bagus disertai pula dengan akurasi data. Prof. Athiyya menambahkan bahwa ia belum pernah menemukan hasil kerja sebaik disertasi Zakir.

Prestasi Dr. Zakir ini langsung terdengar hingga ke tempat asalnya di Makassar. Harian Tribun Timur Makassar menyediakan kolom khusus untuk menceritakan kesuksesan Dr. Zakir dalam studi di Al-Azhar. Oleh Tribun Timur, kolom reportase tersebut diberi judul "Dr. M. Zakir Husain Raih Summa Cum Laude di Al-Azhar. Doktor Tafsir Seperti Quraish Shihab."

Suami dari Manhajiyyah Ilmiyah, Lc. ini meraih gelar doktornya pada usia yang relatif masih muda, 33 tahun. Menurutnya, motivasi dan dukungan dari orangtua serta istri membuatnya menyelesaikan program doktor lebih cepat. (KKSMesir.com/Tribun Timur)[Foto: Laman Facebook Dr. Zakir Husain, MA]

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.