Atdikcairo.org - Hayati Fashiha Lubis menambah deretan mahasiswa Indonesia yang berprestasi di Mesir. Prestasinya dapat dibilang langka, karena ia merupakan wanita pertama di Sumatera Utara yang meraih gelar Master Usul Fikih dari Universitas Al-Azhar. Tidak banyak mahasiswi asal Indonesia yang mampu meraih gelar prestis tersebut, khususnya dari salah satu universitas tertua di dunia seperti Al-Azhar.

Hayati berhasil memertahankan tesisnya di depan dewan penguji yang terdiri dari Prof. Dr. Muhammad Abdul Lathif Jamaluddin (Guru Besar Usul Fikih Fakultas Syari'ah) dan Prof. Dr. Maher Ahmad Muhammad Amir (Dosen Usul Fikih Universitas Al-Azhar Tantha) dalam sidang tesis yang berlangsung pada Sabtu (26/3). Pembimbing penulisan tesis Hayati sendiri adalah seorang pakar Usul Fikih yang dikenal luas di kalangan akademisi Universitas Al-Azhar, yakni Prof. Dr. Mahmud Abdurrahman yang saat ini menjabat sebagai Ketua Jurusan Usul Fikih Al-Azhar.

Penelitian Hayati yang ia kerjakan bertahun-tahun dihadirkan dengan judul: Dirāsah wa Taḥqīq Kitāb Ad-Darāry Al-Muḍiyyah Al-Muwaṣṣilah ilā Al-Fuṣūl Al-Lu`luiyyah fī Uṣūli Fiqhi Al-‘Itrah Az-Zakiyyah min Bābi Al-Ijtihad wa At-Taqlīd ilā Nihāyati Al-Makhṭūṭ. Karya ini merupakan kerja filologis terhadap buku Usul Fikih klasik karangan Syekh Shalah Ibn Ahmad Al-Mahdi, salah seorang ulama abad ke-11 Hijriah. Kerja keras Hayati berbuah manis, dewan penguji memberi predikat Mumtaz (Cum lade) untuk tesisnya.

Hayati Fashiha Lubis lahir di Pematang Siantar, 15 Desember 1982. Ia tiba di Mesir pada tahun 2002 dan menyelesaikan S1-nya di Fakultas Studi Islam dan Bahasa Arab jurusan Syariah pada tahun ajaran 2005/2006. Program Magister Usul Fikih di kampus yang sama ia tempuh sejak 2006 hingga 2016.

Hayati juga tercatat sebagai mahasiswi yang aktif berorganisasi. Ia pernah menjabat sebagai ketua WIHDAH PPMI Mesir periode 2004 - 2005. Ia menikah dengan Ahsanur Ahmad, Lc. Dipl. dan dikaruniai dua orang buah hati.

Sidang tesis Hayati disaksikan oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Cairo, Lauti Nia Sutedja dan staf, mahasiswa dan mahasiswi asal Sumatera Utara dan puluhan mahasiswa Indonesia di Mesir. (Foto: Aishah Alkhawarizmi)

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.