Atdikcairo.org - Sejumlah siswa Ma’had Al-Azhar asal Indonesia tampil memukau di depan para hadirin dalam acara penutupan Pelatihan Pionir Manhaj Al-Azhar untuk pelajar asing di aula Madinat Al-Bu’uts Al-Islamiyyah, Sabtu (2/4). Agenda tersebut disaksikan langsung oleh Prof. Dr. Abbas Shouman, Wakil Grand Syekh Al-Azhar dan Prof. Dr. Muhammad Muhanna, Penasehat Grand Syekh Al-Azhar serta pengawas Ruwaq Al-Azhar.

 

Lagu yang dibawakan oleh para siswa tersebut antara lain adalah “Allah Allah ‘Ala Al-Azhar” yang dipopulerkan oleh Syekh Misyari Rasyid Al-Affasi. Lagu tersebut menceritakan keutamaan Al-Azhar dengan ulama dan tradisi keilmuannya.

Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Ruwaq Azhar untuk mahasiswa asing agar dapat memahami dan menghayati manhaj Al-Azhar yang moderat. Menurut Prof. Dr. Abbas Shouman, Al-Azhar sangat bangga dengan keberadaan para pelajar asing dan menganggap mereka adalah duta-duta Al-Azhar di negara masing-masing saat kembali nanti.

Shouman menambahkan bahwa pelaksanaan pelatihan Ruwaq Azhar dimaksudkan untuk menghidupkan kembali tradisi keilmuan Al-Azhar. Sistem ruwaq yang mengandalkan metode pembelajaran secara tradisional dinilai mampu menanamkan pemahaman moderat Al-Azhar kepada para siswa selama berabad-abad.

Acara tersebut dihadiri oleh Cecep Taufiqurrohman, M.A., staf Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Cairo.

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.