Atdikcairo.org - Forum Senat Mahasiswa (Forsema) mahasiswa Indonesia di Mesir sukses adakan agenda bersama atas kerja sama semua Senat Mahasiswa di Mesir, antara lain Senat Mahasiswa Ushuluddin ( Sema FU), Senat Mahasiswa Bahasa Arab (SEMA FBA), Senat Mahasiswa Syariah Islamiah (Sema SI), dan Senat Mahasiswa Dirasat Islamiah (Sema FDI).
Agenda bertajuk International Arabic Debate Contest (IADC) ini diadakan di Aula Rabithah Al- Azhar, kompleks Universitas Al-Azhar kampus al-hay as-saadis. Salah satu panitia menuturkan, "acara ini sudah dipersiapkan sejak bulan Februari, dengan banyak kendala menjelang hari H juga masih ada masalah, tapi itu tidak mengurangi semangat panitia untuk terus menyukseskan agenda besar ini. Dan alhamdulilah acara berakhir dengan sukses disertai antusias yang besar dari peserta dan penonton."

Acara dibuka dengan pembukaan hangat yang dibawakan oleh Edgar selaku pembawa acara.  Secara resmi, acara dibuka dengan prosesi pemotongan pita oleh Dr. Kholid, Amin Fatwa Dar al-Ifta’ al-Mishriyyah,  selaku salah satu Juri dalam lomba debat ini. Selain beliau, turut hadir pula Prof. Ahmad Zakariya, ketua Kantor Urusan Mahasiswa Asing Rabithah Al-Azhar, Ust. Muhammad Nur dari Singapura, Act. Atdikbud KBRI Kairo Lautinia Astri Sutdeja, dan Presiden PPMI Mesir Abdul Ghofur Mahmudin.

Dalam sambutannya,  Lautinia selaku perwakilan KBRI menyampaikan apresiasinya terhadap acara ini karena dinilai benar-benar mendukung nilai akedemisi mahasiswa, terutama untuk mahasiswa Indonesia di Mesir.

Dalam perlombaan ini, peserta dibagi menjadi dua kelompok untuk setiap negara yang turut serta. Beberapa negara yang mengirimkan utusannya antara lain Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Afrika.

Dari babak penyisihan sampai semi final, tema debat berbeda-beda dan disesuaikan dengan isu-isu hangat yang sedang terjadi di dunia khazanah keislaman saat ini.

International Arabic Debate Contest (IADC) adalah salah satu agenda tahunan Forsema yang diadakan atas kerja sama dengan PPMI Mesir, KBRI Kairo, dan Universitas Al-Azhar. Agenda ini bertujuan untuk mempererat kebersamaan dengan sesama mahasiswa asing di kampus Al-Azhar, dan untuk membudayakan literasi bahasa Arab sebagai bahasa akademik multibidang. []MAA

 

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.