Atdikcairo.org - Singgih Kuswardono dinyatakan lulus dengan predikat Martabat Asy-Syaraf Al-Ula (Summa Cum Laude) dalam sidang disertasinya yang berlangsung pada Selasa (19/4). Dengan capaiannya itu, Singgih berhak menyandang gelar Doktor dari Jurusan Studi Sastra dan Bahasa, Institut Riset dan Studi Arab (IRSA), ALECSO, Liga Arab. Lama studi S3 Dr. Singgih terhitung cepat, yakni hanya 2 tahun.

Disertasinya yang berjudul Al-Ashwat Al-Lughawiyyah ‘Inda Ibni Jinny dipuji oleh Prof. Dr. M. Hasan Abdul Aziz, salah satu penguji, karena out line-nya yang sistematis dan logis. Prof. Hasan menilai judul yang diangkat oleh Dr. Singgih merupakan tema penting sekaligus membutuhkan keberanian.

Disertasi setebal 856 halaman tersebut ia selesaikan di bawah bimbingan Prof. Dr. Muhammad Al-‘Abd, Guru Besar Linguistik Fakultas Bahasa Universitas Ain Shams. Menurut sang pembimbing, Dr. Singgih merupakan sosok mahasiswa dengan kegigihan luar biasa dengan kepribadian khas mahasiswa Indonesia pada umumnya yang sangat menghormati guru.

Dr. Singgih Kuswardono, S.Pd.I, MA. menyelesaikan pendidikan menengahnya di Pondok Modern Darussalam Gontor pada tahun 1996. Ia lalu melanjutkan pendidikan di IAIN Sunan Ampel Surabaya dan lulus pada tahun 2002. Gelar Masternya ia raih dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 2012. Saat mengabdikan diri di Universitas Negeri Semarang sebagai dosen tetap, ia memperoleh beasiswa studi S3 dari Islamic Development Bank.

Sidang disertasi Dr. Singgih disaksikan oleh Staf Atase Pendidikan KBRI Cairo dan puluhan mahasiswa Indonesia di Mesir.

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.