Atdikcairo.org
- Belajar kempemimpinan yang diadopsi dari kehidupan keseharian santri menjadi hal penting yang perlu diangkat dalam dunia kepemimpinan nasional saat ini. Kiranya hal itu yang mendorong Perwakilan Khusus Nahdlatul Wathan (PWKNW) Mesir, PPMI Mesir, Wihdah-PPMI, dan Keluarga Mahasiswa Nusa Tenggara dan Bali (KMNTB) Mesir menggelar Dialog Umum "Penerapan Nilai Kesantrian dalam Konsep Kepemimpinan" pada hari Selasa (25/10), di Aula Darul Hasan Jambi, Hayyu Asyir. Dialog tersebut dihadiri oleh puluhan mahasiswa dan masyarakat Indonesia pada umumnya yang tinggal di Kairo.  

 
Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi, Gubernur NTB, dan Mukhlis Hanafi, Kabid Pengkajian Alquran Kemenag berkesempatan menjadi narasumber dalam dialog tersebut. Keduanya berkesempatan untuk bersilaturahmi dengan para mahasiswa dan berbagi pengalaman, pengetahuan, dan wawasan kepemimpinannya. “Tema ini dipilih juga untuk menyoroti kepribadian seorang Tuan Guru besar sebagai santri yang mampu juga menjadi pemimpin, dengan bekal ilmu santri yang beliau punya.” tutur Dzulkarnain, Ketua Panitia Acara.
 
Menurut Zainul Majdi, nilai-nilai kesantrian yang banyak dipelajari oleh seorang santri selama hidup di pesantren dapat menjadi bekal untuk menjadi pemimpin. “Di pondok pesantren, santri diajarkan ilmu agama, umum, keterampilan dan kepemimpinan. Dan sekarang belajar di Al-Azhar membawa misi moral yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama. Maka hal itu merupakan nilai-nilai kesantrian yang akan menjadi bekal untuk menjadi pemimpin yang berkualitas di masa depan.” terangnya yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Ikatan Alumni Al-Azhar Internasional (IAAI) Indonesia. 
 
Kedatangan TGB Zainul Majdi dan Mukhlis Hanafi ke Kairo dalam rangka memenuhi undangan Muktamar Ikatan Alumni Al-Azhar se-Dunia yang digelar pada Rabu (26/10). Muktamar tersebut diikuti oleh sejumlah ulama alumni Al-Azhar yang tersebar di berbagai negara.
 
Sumber foto: Dokumentasi PWKNW Mesir

 

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.