Festival Sinema, Seni dan Pariwisata Asia-Afrika memilih Indonesia sebagai tamu kehormatan pertama dalam festival pertama tersebut, yang akan diselenggarakan dari 14-20 September 2017.

Festival tersebut diketuai oleh Suhair Al-Moeshedi dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Mesir-Indonesia.

Sekjen Festival Kholoud Hisham menunjuk Indonesia sebagai tamu kehormatan dalam festival tersebut, mengingat hubungan khusus antara kedua negara dan hubungan historis dan budaya di berbagai era. Mesir adalah salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Kedua negara juga mendukung hubungan diplomatik untuk melakukan berbagai kerja sama di segala bidang.

Dalam festival tersebut, Duta Besar Indonesia untuk Mesir Helmy Fauzi juga mendapatkan penghargaan dari Organisasi Solidaritas Masyarakat Afrika-Asia yang diketuai oleh Dr. Hilmi Al-Hadidi. Penghargaan tersebut diberikan atas peran dan upayanya dalam meningkatkan hubungan antara kedua negara di berbagai bidang, terutama di bidang kebudayaan, perdagangan, pariwisata, dan investasi.

Di sisi lain, KBRI Cairo telah memutuskan untuk berpartisipasi dalam festival tersebut dengan menampilkan tiga film layar lebar, penampilan seni rakyat Indonesia yang mencakup 25 penari, dan menampilkan berbagai karya kerajinan di pameran.

Selain Indonesia, festival tersebut juga diikuti oleh Mesir, Rusia, Cina, Swedia, Norwegia, Kenya, India, Maroko, Jepang, Kazakhstan, Aljazair, Korea, Uni Emirat Arab, Tunisia, Libya, Irak, Yordania, Singapura, Benin, Australia, Afrika Selatan, Denmark, Thailand, Kolombo, Brazil, dan Inggris.

(Sumber: Harian Alwafd, Harian Alyoum Assabi, Harian Ahram, Harian Almasry Alyoum, Harian Alwatan)

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.