Arif Rahman Hakim, MA., lahir di Jakarta 1 Juni 1981, menikah dengan Sarah Abdurrohmah, Lc., dan dikaruniai dua orang buah hati: Dzakwan Al-Iman (6 tahun) dan Dhiya Al-Iman (4 tahun).

Tiba di Mesir : 12 September 2000
Alamatsdi Indonesia : Jl. Kopo Cirangrang No. 12
Alamat di Mesir : Gamie Station
    Qatameya, Cairo
Kekeluargaan : Keluarga Paguyuban Masyarakat Jawa Barat (KPMJB)
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Nomer Telpon/HP : +20161863851
Fakultas : Ushuluddin
Jurusan   Akidah & Filsafat
Universitas : Universitas Al-Azhar, Cairo
    Mesir

 

 

Judul Tesis :

 

 

الإسلام والأديان الوثنية فى جاوى إندونسيا: دراسة تاريخية تحليلية نقدية

Korelasi Islam dan Agama-agama berhala di Jawa Indonesia: Studi Historis, Analisis dan Kritis

Tanggal Munaqasyah : 27 Oktober 2011
Predikat : Mumtaz (Cum Laude)
Lama Pendidikan : 7 tahun
Rencana Kelanjutan Studi : Melanjutkan jenjang S3
Riwayat Pendidikan : SDN Pangarsih 1992
    MTs PERSIS I Bandung 1996
    MA PERSIS I Bandung 1999
    S1 Fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar 2004

 

Kesan selama menempuh pendidikan di Mesir:
Selama menjalani studi di Al-Azhar-Mesir ini--terutama saat menyusun tesis, karena pada saat itulah saya bisa intens berkomunikasi dengan para profesor di jurusan saya--saya mendapatkan kesan yang tidak mungkin dilupakan. Mulai dari semangat para profesor pembimbing dalam membimbing para mahasiswanya—sekedar informasi, pembimbing saya seorang tuna netra, tetapi semangatnya untuk membimbing dan memberi pengarahan kepada saya, bisa dikatakan melebihi yang normal—sampai kekaguman saya terhadap wawasan mereka yang menguasai hampir seluruh bidang ilmu-ilmu agama Islam, apapun jurusan yang mereka geluti. Meskipun jurusan Akidah & Filsafat, mereka juga menguasai tafsir, hadits, fiqh, ushul fiqh, dan ilmu-ilmu syariah (baca: agama) lainnya. Di sinilah bukti, bahwa dalam mempelajari ilmu-ilmu agama Islam, kita tidak bisa memisah-misahkan satu bidang dengan yang lainnya. Dengan demikian, semakin dalam mereka menguasai ilmu-ilmu agama Islam, semakin utuh pemahaman Islam yang mereka miliki dan semakin yakin mereka dengan Islam. Di mana saya menangkap ada semangat 'ana muslim qabla kulli syai'in' dalam diri mereka saat melakukan studi-studi keislamannya. Sehingga saat ada isu-isu yang ingin menyudutkan Islam, mereka bisa dengan spontan dan yakin membantahnya dengan jawaban yang memuaskan dan meyakinkan. Studi yang obyektif bagi mereka bukan berarti harus terlebih dahulu melepaskan label 'saya seorang muslim'.

Pesan bagi mahasiswa lain:
Mesir memang gudangnya untuk ilmu-ilmu agama Islam yang mencakup segala bidangnya. Ia kaya akan referensi dan guru-guru yang mumpuni di bidangnya. Kita hanya tinggal memilih ingin ilmu apa yang kita dalami, yang sesuai dengan kecenderungan dan kemampuan kita. Sehingga sangat disayangkan jika niat awal kita untuk menuntut ilmu--saat pergi dari tanah air ke Mesir ini—harus berubah atau mungkin terlupakan karena tuntutan ekonomi atau pun hobi. Mencari nafkah dan menjalani hobi sudah seharusnya jangan sampai mengalahkan niat yang utama kita itu. Niat yang—insya Allah—mendapatkan ridhaNya, dan dukungan penuh dari orang tua (serta keluarga), sehingga mereka rela untuk ditinggal jauh oleh kita. Belum lagi dukungan financial mereka, terutama untuk bisa memberangkatkan kita ke Mesir. Maka jangan sampai kesibukan kita (mencari nafkah, apalagi menjalani hobi) menjadikan tubuh dan pikiran kita terlelahkan, sehingga tidak sempat atau mungkin tidak menyempatkan diri untuk kegiatan asasi yang menjadi alasan kita berada di Mesir. Apalagi sekarang kemajuan teknologi, sudah sangat mendukung kegiatan thalab 'ilmi kita selama di Mesir ini, khususnya internet. Mari kita gunakan teknologi yang satu ini untuk benar-benar mendukung sepenuhnya kegiatan belajar kita, khususnya saat berada di Mesir, di mana hampir setiap rumah teman-teman mahasiswa tersedia internet dengan biaya yang relatif terjangkau.

PROFIL ALUMNI PASCASARJANA

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.