Lahir pada 29 November 1978 di Bukittinggi. Menikah dengan Arina Amir Syarifuddin dan dikaruniai seorang putra bernama Abdullah.

Tiba di Mesir : 7 September 1999
Alamat di Indonesia : Gg. Bunga Tanjung no 26, Rumah Tiga Ruang, Kelurahan Lubuk Lintah
    Kec. Kuranji Padang Sumatera Barat
Kekeluargaan : Kesepakatan Mahasiswa Minangkabau (KMM)
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Nomor Telepon   +201002967376
Fakultas / Jurusan : Ushuluddin - Tafsir
Universitas : Al-Azhar

 

Judul Tesis :

حاشية الإمام الكرخي على الجلالين المسماة بـ" مجمع البحرين ومطلع البدرين" من أول سورة الحج حتى آخر سورة النمل: دراسة وتحقيق

 

(Analisa Filologis terhadap Komentar Imam al-Karkhi Terhadap Tafsir Jalalain yang Diberi Nama “Maj’ma’ al-Bahrain wa Mathla’ al-Badrain” Mulai dari Surat al-Hajj Sampai Akhir Surat an Naml)




 
 
Tanggal Munaqasyah : 18 Oktober 2011
Predikat : Mumtaz
Lama Pendidikan : 7 Tahun
Riwayat Pendidikan : SD Negeri 2 Pakan Sinayan 1992
    Mts Thawalib Padang Panjang 1995
    MA Thawalib Padang Panjang 1998
    S1 Tafsir Ushuluddin Al-Azhar Cairo 2003
    S2 Tafsir Ushuluddin Al-Azhar Cairo 2011

Kesan Selama Menempuh Pendidikan di Mesir :

Saya merasa sangat bersyukur sekali bisa mendapatkan kesempatan kuliah di al-Azhar. Di sini saya bisa mendapatkan langsung kekayaan khazanah keilmuan Islam dalam segala bentuk. Mulai dari manuskrip dan kitab-kitab sampai belajar talaqqi atau duduk bersila di depan guru. Mesir dan al-Azhar sudah memberikan kebaikan yang banyak sekali kepada saya. Saya sangat menikmati hal itu. Saya tidak merasa jenuh dan bosan sekali pun berlama-lama hidup di Mesir .Tapi suatu saat, bahkan secepatnya saya harus kembali ke tanah air untuk mengabdikan ilmu yang sudah saya pelajari ini.


Pesan kepada mahasiswa lain:

Saya menyarankan kepada kawan-kawan yang punya kemampuan dan kemauan untuk melanjutkan S 2 dan S 3 di al-Azhar. Sekalipun dihantui kesulitan, tapi kalau kita serius Allah akan memberikan jalan. Karena tidak ada rasanya universitas di dunia ini yang mengumpulkan kekayaan keilmuan seperti al-Azhar. Di samping itu, sangat langka ulama yang punya kapabilitas di negara kita. Kalau bukan mahasiswa yang belajar dari al-Azhar untuk menjawab tantangan itu, dari mana lagi? Juga saya mengimbau kepada kawan-kawan untuk memanfaatkan semaksimal mungkin waktu dan keberadaan kita di sini. Betapa pun serius dan disiplinnya kita, pasti di hari terakhir kita meninggalkan bumi Mesir terselip penyesalan-penyesalan. Kenapa saya dulu tidak begini dan tidak begitu. Untuk meminimalisir hal itu tidak ada jalan lain selain serius dan menjaga semangat selalu.

30 September 1995

PROFIL ALUMNI PASCASARJANA

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.