Satu lagi seorang Doktor asal Indonesia dilahirkan Universitas Al-Azhar Cairo Mesir. DR. Fachrul Ghazi MA, lahir di Jakarta, 11 Februari 1962. Tiba di Mesir tanggal 16 Mei 1981 dan Menikah tahun 1995, dikaruniai 2 orang anak ; Zulva Fachrina (Cairo, 10 Desember 1995 ) dan Fachri El Fayyadh ( Samarinda, 12 Februari 2005 ). Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Samarinda, Kalimantan Timur ini pernah bekerja sebagai local staff Bidang Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Cairo, (1992 s.d. 1997)

Doktor asal Aceh ini menyelesaikan sidang Disertasinya di Jurusan Balaghah dan Kritik Sastra Arab Fakultas Bahasa Arab Universitas Al-Azhar Mesir, pada tangal 22 Oktober 2008 dan mendapatkan nilai Summa Cumlaude (Martabah Syaraf al-Ula). Dengan judul disertasi:

 

الشواهد البلاغية فى كتاب المطول لسعد الدين التفتازانى، دراسة وموازنة

Studi Komperatif Contoh-contoh Sastra Balaghah Dalam Kitab

Studi S3 ditempuh selama 8 tahun, dari tahun 2000 sampai dengan tahun 2008.

Alamat di Indonesia: Jl. Damai II, no. 55, Cipete Utara, Jakarta Selatan.

Alamat di Mesir: Ibrahim Naji str. Bld. 23 no. 16, 10th distric, Nasr City, Cairo, Egypt. Tlp. 0169107620. Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Riwayat Pendidikan:

SD Jakarta Selatan (1974), PM Gontor (1980), Ma`had Al-Azhar (1982), S1 Bahasa Arab Al-Azhar (1986), S2 Bahasa Arab Al-Azhar (1997).

 

Kesan selama menempuh pendidikan di Mesir:

Menyelesaikan studi, terutama di Univ. al-Azhar, dapat dituntaskan dalam jangka waktu yang relative singkat dengan syarat pasang niat lillahi ta'ala, penuh konsentrasi belajar dan persiapkan mental yang gigih serta giat. Terkait dengan hal ini, kami teringat dengan pesan Pa Kiai 'utruk ma siwa ad-dars' (tinggalkan segalanya kecuali belajar).

Yang menyebabkan kami cukup lama menyelesaikan program S2 dan S3 di Univ. al-Azhar, ya.. karena tidak mengindahkan pesan Pa Kiai tadi. Selama menyelesaikan penulisan tesis, kami memberanikan diri untuk mencari pengalaman bekerja sebagai local staff di KBRI Cairo, dengan alasan klasik yaitu untuk memadai tuntutan biaya hidup dan studi. Ditambah lagi dengan kesibukan-kesibukan yang lain sehingga konsentrasi untuk menyelesaikan studipun tidak maksimal. Untung saja, atasan kami ketika itu, Atdikbud Bapak Drs. Muchlis Dasuki M.Ed dan Atdikbud Bapak Drs. Sukarna Syarif, M.Ed, mendorong kami untuk menyelesaikan penulisan tesis.

Lupa akan pesan Pa Kiai terjadi lagi ketika kami menyelesaikan program S3. Alasan klasik pun terulang kembali. Sambil menulis disertasi, kami disibukkan dengan tugas utama kami sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan jabatan Dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Samarinda, Kalimantan Timur. Karena peraturan kepegawaian dan ditambah lagi dengan kegiatan-kegiatan dakwah lainnya mengakibatkan konsentrasi untuk penulisan disertasipun tidak maksimal. Tapi kembali, dengan bermodalkan niat lillah ta'ala dan semangat untuk menuntaskan studi program S3, akhirnya alhamdulillah kami dapat menyelesaikan akhir jenjang studi, sekaligus sebagai doktor lulusan Univ. al-Azhar pertama untuk kawasan Asia Tenggara dalam spesialisasi Balaghah dan Kritik Sastra Arab, ' Antal awwalu ya fach ! ' ( kamu pertama ) demikian kata pembimbing kami Prof. Dr. Mahmoud Abdul 'Aziem Abdullah Shofa, Guru Besar Balaghah dan Kritik Sastra Arab pada Fakultas Bahasa Arab, Universitas al-Azhar, Mesir.

 

Pesan bagi mahasiswa lain:

- Ingat selalu tujuan belajar dengan niat lillahi ta'ala.

- Sibukkan dengan menghadiri kuliah dan baca muqarrar serta mengikuti bimbingan-bimbingan muqarrar.

- Ciptakan lingkungan yang mendukung kesuksesan studi.

- Belajar tidak pandang umur dan tempat.

- Ingat selalu dan taat menjalani pesan Orang tua dan ulama (Pak Kiai)

PROFIL ALUMNI PASCASARJANA

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.