Suami dari Nur Anidar Azhari ini meneliti sebuah karya tafsir bercorak isyari-sufi. Salah satu keunikan tafsir ini adalah penjelasan yang sangat menarik dari pengarangnya tentang makna basmalah dan korelasinya berbeda-beda sesuai dengan surat setelahnya. Pengarang tafsir unik ini adalah seorang ulama bermazhab syafi'i asal India.

 

Nama Lengkap : Syukran Abu Bakar Ishaq, MA.  
TTL : Seunong, 15 Mei 1985  
Status : Menikah  
Nama Istri : Nur Anidar Azhari  
Tiba di Mesir : November 2004  
Motto : Kemenangan datang dengan sesaat kesabaran  
Alamatsdi : Seunong, Meurah dua-Meureudu, Pidie Jaya-Aceh.
Indonesia    
     
Alamat di : Bld: 20, Block: 52, flat: 5, Saqar Quraisy- Hay asyir, Nasr City
Mesir    
Kekeluargaan : KMA (Keluarga Mahasiswa Aceh)
Almamater : MAS Ruhul Islam Anak Bangsa
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  
Universitas : Universitas Al-Azhar  
Jurusan : Tafsir dal Ilmu Al-Quran  

 

Judul Tesis :

"تبصير الرحمن وتيسير المنان ببعض ما يشير إلى إعجاز القرآن، تأليـف: الشيخ علي بن أحمد بن علي المهايمي الهندي الشافعي (776-835هـ) من أول سورة النحل إلى آخر سورة الحج" (تحقيق ودراسة).


Kajian Filologis dan Analisa teks kitab Studi Manuskrib Kitab: "Tabshir Ar-Rahman wa Taisir al-Mannan bi Ba’dhi ma Yusyiru ila I’jaz Al Qur’an" dari Awal Surat an-Nahl Hingga Akhir Surat al-Hajj.

Tanggal Munaqasyah : 24 Oktober 2015
Predikat : Mumtaz Ma'a Martabat Asy-Syaraf Al-Ula (Summa Cum Laude)
Lama Pendidikan : 6 tahun
Riwayat Pendidikan : MIN Babah Jurong 1997
    MTsN Meureudu 2000
    MAS Ruhul Islam Anak Bangsa 2003
    S1 Al-Azhar University 2008
Rencana kelanjutan : Melanjutkan ke jenjang S3
studi/karier    

 

Kesimpulan hasil riset:

Kitab Tafsir yang kami pelajari termasuk kitab tafsir yang jarang kita temui dari segi metode penulisan, dimana syeikh Muhaimi memulai penafsirannya dengan menjelaskan sebab penamaan surat yang sangat bagus dan menafsirkan semua basmalah yang sesuai dengan isi kandungan surat-surat Alquran. Penulis sangat menitikberatkan penafsirannya pada korelasi antara ayat dangan ayat bahkan antara kalimat dengan kalimat yang terkadang terlalu dipaksakan (takalluf) sehingga terkadang mengaburkan pemahaman ayat sehingga kita butuh perhatian ekstra dalam memahami maksud pengarang. Tafsir ini bernuansa Tafsir Isyari Sufi yang mana muallifnya seorang ulama sufi besar di zamannya, kitab tafsir ini sangat perlu dikomentari oleh para Ulama tafsir dan ahlul ilmi syar’i”.

Kesan selama menempuh pendidikan di Mesir:
Mesir dan Al-Azhar bagian dari sejarah kehidupan saya, dimana sepertiga dari umur saya terpakai di negeri yg penuh keajaiban dan keanehan. Tentunya banyak sekali kesan selama berada disini, dimana saja kita berpijak tentu ada sisi positif dan negatif, dada madu dan racun, setiap orang punya pengalaman dan penilaian masing-masing. Bagi saya pribadi sisi positif lebih mendominasi, baik itu dari orang Mesir sendiri yang terkenal ramah, baik dan dermawan, mereka sangat ringan tangan bersedekah untuk para penuntut ilmu, padahal dari segi ekonomi, mereka umum nya dari kelas ekonomi menengah ke bawah. Hal ini tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk bersedekah, Orang Mesir kelas ekonomi menengah ke atas pun tidak kalah donasinya, sumbangan mereka umumnya dalam jumlah yang banyak.

Pesan bagi mahasiswa lain:
Jika kesempatan yang sama bisa datang kedua kalinya dalam hidup kita, itu tetap saja tidak akan dapat mengulang momen yang sama untuk kedua kalinya. Maka lakukan banyak hal saat kesempatan itu menghampiri kita, warnai dengan ikhtiar yang maksimal dan kita akan mengerti bahwa sebenarnya Allah hanya memberikan kesempatan itu benar-benar sekali saja pada kita, dan bukan pada waktu yang lain.

PROFIL ALUMNI PASCASARJANA

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.