Program S2 Universitas Al-Azhar

Pada tahun akademik 2007/2008 pendaftaran program S2 di Universitas Al-Azhar terbuka sepanjang tahun. Pendaftaran dilakukan secara langsung di kantor bagian Program Pascasarjana Gedung Rektorat Universitas Al-Azhar Nasr City Cairo Lantai IX untuk Putra dan lantai IV untuk putri.

 

Lulusan S1 Universitas al-Azhar

Syarat-syarat yang diperlukan oleh lulusan S1 Universitas Al-Azhar adalah sebagai berikut:

  1. Ijazah asli atau Syahadah Muaqqatah;
  2. Transkrip nilai asli;
  3. Syahadah Milad/Akte kelahiran asli;
  4. Fotokopi paspor;
  5. Pas Poto sebanyak 6 lembar;
  6. Mengisi formulir pendaftaran
  7. Mengajukan Surat Permohonan untuk diterima masuk program S2 yang ditujukan kepada Dekan Fakultas.

Ujian masuk program S2 diadakan dalam empat periode dalam satu tahun : periode Februari, Mei, Agustus dan November. Bertempat di tiap-tiap Fakultas yang bersangkutan. Materi yang diujikan berupa Al-Quran (lisan dan tulisan). Untuk mahasiswa asing non-Arab, diwajibkan hafal Al-Quran 8 juz .

Lulusan S1 Non Universitas Al-Azhar

Setiap calon mahasiswa lulusan S1 non Universitas Al-Azhar yang ingin melanjutkan studi program S2 di Universitas Al-Azhar, terlebih dahulu harus memproses akreditasi ijazah S1 yang dimiliki.

Sejak tahun akademik 2002/2003 Ijazah S1 Fakultas Syariah dan Ushuluddin UIN/IAIN/STAIN secara institusional diakreditasi oleh Universitas Al-Azhar, sehingga setiap pemegang ijazah kedua fakultas tersebut dapat langsung mendaftar program S2 tanpa melalui proses akreditasi. Namun mulai tahun akademik 2005/2006 hingga sekarang, akreditasi ijazah dilakukan secara perorangan, masing-masing mahasiswa yang akan melanjutkan studi program S2 harus memproses akreditasi ijazahnya.

Syarat yang diperlukan untuk memproses akreditasi ijazah S1:

  1. Fotokopi ijazah SMU/MAN dan yang sederajat;
  2. Ijazah asli S1 dan terjemahannya, keduanya dilegalisir oleh Deplu RI dan Kedutaan Mesir di Jakarta, beserta fotokopinya;
  3. Transkrip Nilai asli S1 dan terjemahannya, keduanya dilegalisir oleh Deplu RI dan Kedutaan Mesir di Jakarta, beserta fotokopinya;
  4. Kurikulum Fakultas dalam bahasa Arab (Fakultas eksakta bisa dalam bahasa Inggris). Menerangkan materi-materi yang dipelajari setiap tahun berikut jumlah jam tiap-tiap materi perminggu dan ditandatangani oleh Dekan Fakultas;
  5. Membayar biaya akreditasi sebesar LE 500,-(Lima Ratus Pound Mesir). 

Tempat & Waktu Proses Akreditasi

Berkas di atas diserahkan ke Panitia Penyetaraan Ijazah kantor bagian Pengajaran dan Mahasiswa Universitas Al-Azhar Gedung Rektorat lantai III (Untuk Fakultas eksakta proses akreditasi di kantor Majelis Tertinggi Urusan Perguruan Tinggi Mesir). Proses akreditasi bisa dilakukan sepanjang tahun. Biasanya memakan waktu yang cukup lama sekitar 3 – 5 bulan.

Calon mahasiswa atau yang mewakilinya diharapkan untuk aktif mengikuti perkembangan proses akreditasi tersebut. Jika ijazah dinyatakan mu'adalah, maka yang bersangkutan melengkapi persyaratan lainnya seperti fotokopi paspor, pas foto, akte kelahiran dan mengikuti ujian masuk di Fakultas.  

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

Administrator:

Email : maulanabdulaziz@gmail.com

Whatsapp: +201007752870

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.