atdikcairo.org - Siti Robiatul Adawiyah, mahasiswi Indonesia di Mesir, patut bangga. Pada Sabtu, 23 November 2010 ia dinobatkan sebagai wisudawati terbaik dari puluhan teman-temannya yang juga diwisuda. Mahasiswi yang akrab dipanggil Wiwi ini berhasil lulus dengan predikat Mumtaz dari Jurusan Tafsir Fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar.

Wiwi dilahirkan di Tasikmalaya, 18 September 1985. Masa-masa SD dan SMP-nya ia habiskan di MI dan Mts. Mathla' ul Khair Cintapada. Sementara jenjang SMA-nya ia tempuh di Pondok Modern Gontor Ponorogo selama empat tahun. Di Gontor, Wiwi berhasil menggondol predikat Mumtaz untuk nilai ujian akhirnya.

Selama mengenyam bangku kuliah di Al-Azhar, tiap tahun yang ia lalui tidak luput dari prestasi. Di tahun pertamanya, hasil ujian Wiwi mendapat nilai Jayyid Jiddan, demikian pula dengan tahun keduanya. Sementara untuk tahun ketiga dan terakhirnya, Wiwi berhasil meraih predikat Mumtaz, nilai yang hanya bisa diraih oleh segelintir mahasiswa Al-Azhar.

Wiwi berhasil menyelesaikan kuliahnya di Jurusan Tafsir Fakultas Ushuluddin tepat waktu. Rahasianya, Wiwi mengaku selalu berusaha untuk menghadiri perkuliahan, karena hanya di sana didapati keterangan secara langsung dari dosen. Selain itu, ia mengaku sering belajar bersama dengan teman, baik mahasiswi Indonesia maupun mahasiswi Mesir.

Mojang Priangan ini berpesan kepada teman-temannya sesama mahasiswa Indonesia agar mempergunakan waktu sebaik-baiknya, tidak putus asa untuk selalu berusaha. Ia juga mengharapkan agar rekan-rekan mahasiswanya selalu mengingat nasihat ulama: “Al-'Ilmu la yu'thika ba'dhahu hatta thu'thiyahu kullaka” (Ilmu tidak akan memberikan sebagian dari dirinya sampai kamu memberikan seluruh jiwa ragamu kepadanya).

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.