atdikcairo.org - Adalah Abu Nashar Bukhari, mahasiswa asal Cirebon, yang pada Sabtu, 23 November 2010 dinobatkan sebagai wisudawan terbaik Universitas Al-Azhar angkatan 2010. Ari, demikian ia biasa dipanggil, mengungguli ratusan rekan-rekannya sesama mahasiswa Indonesia yang diwisuda pada tahun yang sama.

Lulusan Fakultas Ushuluddin ini sudah mengukir prestasi sejak pertama kali tiba di Kairo, meski kedatangannya terhitung sedikit terlambat dibanding rekan-rekan seangkatan. Pada tahun pertama, Ari berhasil meraih predikat Jayyid Jiddan, pada tahun kedua dan ketiga ia sukses menggondol predikat Mumtaz,dan untuk tahun terakhirnya di jurusan Hadis ia kembali meraih predikat Jayyid Jiddan.

Jauh sebelum mengenyam pendidikan di al-Azhar, Ari sebenarnya sudah lama tercatat sebagai santri berprestasi. Selama enam tahun menimba ilmu di Pondok Modern Gontor, ia selalu berhasil mendapat nilai tertinggi di kelas, bahkan di antara seluruh teman satu periodenya. Puncaknya, Ari berhasil meraih predikat Mumtaz untuk ujian akhirnya di Gontor.

Meski sudah mengukir sederet prestasi, namun Ari mengatakan bahwa ia masih merasa sedih melihat perjalanan studinya. Menurutnya, selama ini ia belum maksimal serta masih banyak hal yang belum ia dapatkan dan lakukan.

Ditanya mengenai tips sukses di Al-Azhar, pria yang lahir pada 8 Juli 1987 ini bertutur, “Berilah porsi waktu yang cukup pada diri kita untuk berkonsentrasi dalam belajar khususnya jauh-jauh hari sebelum datang waktu ujian, agar nantinya kita tidak kewalahan dan tergesa-gesa. Karena apapun itu, ketika dilakukan secara dadakan maka hasilnya tidak akan sempurna.”

Pria berkaca mata dan hobi membaca ini berniat melanjutkan studinya di Mesir. Saat ini, Ari sedang mempersiapkan segala keperluan untuk masuk ke Program Magister Jurusan Hadis di Universitas Al-Azhar.

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.