atdikcairo.org - Indonesia lagi-lagi patut berbangga. Salah satu putri terbaiknya, pada 16 Oktober 2011, dinobatkan sebagai mahasiswi asing terbaik. Adalah Bangun Pristiwati Zahro, yang beruntung mendapat gelar tersebut. Proses penobatannya sendiri berlangsung saat prosesi wisuda alumni Universitas al-Azhar 2011. Sebagai pengakuan atas prestasinya tersebut, Koran Shaut al-Azhar memuat berita tersebut.

Mahasiswi asal Kediri yang lahir pada 10 Mei 1985 ini sudah tak asing dengan sorotan atas prestasinya. Ia lulus dari Pondok Modern Gontor pada tahun 2004 dengan predikat Mumtaz (Istimewa). Jenjang pendidikan S1 di al-Azhar tak hanya diselesaikannya tepat waktu, tapi juga dengan predikat Mumtaz setiap tahunnya. Dengan demikian, Bangun empat kali memperoleh predikat Imtiyaz untuk nilai kumulatifnya. Karena itu, nilai akhirnya diberi predikat Mumtaz ma’a martabat al-Syaraf (Istimewa dengan gelar kehormatan). Boleh dibilang bahwa dalam beberapa dasawarsa terakhir, Bangun-lah satu-satunya pelajar dari Asia Tenggara – bahkan mungkin dunia – yang berhasil memperoleh nilai tersebut.

Selain dikenal dengan prestasi akademisnya, Bangun juga dikenal aktif di kegiatan kemahasiswaan. Menurutnya kegiatan non-akademis dibutuhkan untuk mengimbangi kegiatan akademis. Sebab kegiatan di luar kampus berguna untuk mengasah kepekaan terhadap lingkungan. Sebagai wujud prinsipnya, Bangun pernah aktif di Departemen Keputrian IKPM Cabang Kairo, Badan Penasehat WIHDAH PPMI, hingga menjadi relawan bagi terlaksananya seminar Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional di Kairo.

Khusus mengenai keberhasilannya di al-Azhar, Bangun memberikan beberapa tips, di antaranya: Memasang niat baik untuk hasil yang baik, menyatukan doa dan usaha, insyaf diri dan lingkungan, menghadiri perkuliahan penguasaan materi kuliah yang baik, serta tawakkal dan berserah diri kepada Allah Swt.

Namun dari tips-tips tersebut, yang terpenting menurutnya adalah kesadaran diri dan konsekswensi individu serta keridhaan Allah SWT atas segala yang telah diupayakan.

Selanjutnya ia berpesan kepada mahasiswa/i lain agar berusaha keras untuk menyelami lautan ilmu bagaimanapun keadaan yang ditemui di lapangan. Selain itu, rasa syukur atas kesempatan untuk bisa belajar di al-Azhar perlu selalu ditanamkan lalu diejawantahkan dengan belajar dan interaksi yang baik antar mahasiswa, juga kepada para masyayikh.

Laporkan Data Pendidikan

Visit Beautifull Indonesia

Kantor Atase

13, Aisya el-Taymouria St. Garden City

P.O Box 1661
Cairo - Egypt

Telp : +20-2-7947200/7947209
Fax : +20-2-27962495

 

Copyright © 2016 Atase Pendidikan KBRI Cairo. All Rights Reserved.